google-site-verification=d1L6D5xC-3bLAyc1XJHZOuY6DT1Zvt97lAhCEKqUfhk

Corona Virus 2019-nCoV mulai diketahui pertama kali oleh WHO (World Health Organization) pada tanggal 31 Desember 2019. Virus ini menyerang paru-paru pada cluster masyarakat di kota Wuhan, China. Pemerintah China mencoba untuk mengobati pasien yang terkena, mengisolasi kasus baru yang muncul, menganalisa lingkungan hidup (terutama di pasar-pasar yang terdapat di Kota Wuhan), dan mencoba mempelajari karakteristik Virus Corona ini. Semua hal itu dilakukan oleh Pemerintah China sambil berkoordinasi dengan WHO.

Corona Virus dapat menyebabkan penyakit pada hewan mamalia (yaitu diare pada sapi dan babi) serta burung (infeksi saluran nafas atas pada ayam). Corona Virus yang mewabah saat ini, diperkirakan berasal dari ular yang dijual di pasar seafood Huanan yang terletak di Kota Wuhan, China. Corona Virus ini mempunyai genome RNA. Dari penelitian saat ini, Golongan Corona Virus sendiri apabila dipecah mempunyai 7 strain yang menyerang manusia. Salah satunya adalah outbreak kasus SARS yang terjadi pada tahun 2003.

Pada manusia, Corona Virus dapat menginfeksi saluran nafas yang ringan. Tapi pada beberapa kasus yang jarang, Corona Virus dapat menyebabkan kematian pada manusia. Sampai tanggal 23 Januari 2020 tercatat Corona Virus sudah terinfeksi pada 547 orang dan menyebabkan korban meninggal sebanyak 17 orang. Sampai tulisan ini dimuat, Corona Virus ini belum ditemukan vaksin atau obat antivirus nya.

 Corona Virus mempunyai gejala :

  1. Demam/meriang/panas dingin.
  2. Sakit kepala.
  3. Nyeri dada.
  4. Jantung berdetak cepat.
  5. Sakit tenggorokan dan tonsil.
  6. Batuk.
  7. Berdahak.
  8. Kesulitan bernafas (merupakan ciri khas pneumonia).
  9. Pada kasus yang parah dapat menyebabkan gagal ginjal.

Corona Virus menyebar melalui udara (biasanya lewat batuk atau bersin pada pasien yang sudah terinfeksi).

Pencegahan

  1. Melakukan pola hidup sehat (dengan : menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, makan makanan yang bergizi-sehat-lengkap dengan sayur-sayuran dan buah-buahah, istirahat yang cukup dan teratur serta olah raga 20 menit sehari).
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor.
  • Hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala sakit seperti diatas.
  • Jika Anda sedang sakit, yang harus Anda lakukan adalah : segera menyembuhkan diri Anda (jika dalam 3 hari atau gejala bertambah berat Anda harus memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan), Hindari kontak dengan orang lain untuk mencegah penyebaran penyakit, tutup mulut dan hidung dengan tissue ketika Anda batuk dan bersin, kemudian buang tissue tersebut ke tempat sampah tertutup, dan cucilah tangan Anda. Selain itu Anda harus menjaga kebersihan lingkungan hidup dan jika perlu melakukan desinfectan pada benda-benda di sekitar lingkungan hidup Anda.

Copyright © All right reserved.